Popular Post

Posted by : Alyanis Mufid SWM February 20, 2014



Antara Superman, Alien dan Al-Quran

Siapa yang tidak kenal nama Superman, rasanya mulai dari nenek-nenek peot sampai anak kecil yang masih ingusan tahu dan akrab dengan nama tersebut. Meskipun misalnya mereka mungkin tidak tahu banyak tentang apa dan siapa sosok Superman itu sendiri. Tetapi yang jelas, bila ada pembicaraan mengenai manusia terbang atau ada film animasil yang mengisahkan kemampuan manusia untuk terbang bebas diangkasa tanpa menggunakan pesawat tertentu, memory semua dari kita pasti akan menghubungkannya dengan nama Superman.

Superman sendiri adalah tokoh kartun paling populer dari DC Comics karya Herry Siegel dan Joe Shustler yang meledak dipasaran Amerika dan dunia hingga beberapa kali diangkat kelayar lebar dan sekuel Televisinya pun laku keras termasuk seri variannya yang berjudul Superboy, Lois and Clark The New Advanture of Superman sampai Smallville.

Memang Superman adalah fenomena yang menarik mengenai kemampuan supranatural seorang anak manusia, dimana Clark Kent, seorang reporter berita dari harian Daily News digambarkan selain bisa terbang diudara bebas, dia juga memiliki tenaga yang sangat luar biasa kuatnya, sementara tubuhnya tidak mempan dilukai senjata apapun, matanya bisa melihat tembus segala tembok dan penghalang yang jika ditingkatkan penggunaannya mata itu juga bisa mengeluarkan sinar x yang mampu melelehkan baja sekalipun.

Superman adalah visualisasi toko heroik yang ada dalam mimpi anak-anak sedunia termasuk satu diantaranya adalah saya â?¦ harus diakui, bahwa keberadaan tokoh asal planet Krypton ini mampu mengalahkan populeritas tokoh-tokoh lain yang sejenis, baik itu lokal (seperti Gatot Kaca atau Gundala Putera Petir) maupun internasional (seperti Batman, Hawkman,Thor, Ultraman, Spiderman).

Tetapi saya kecewa dengan film terbarunya yang berjudul Superman Returns yang diperankan oleh Brandon Routh, sebab dalam sekuel teranyar ini sosok Superman digambarkan sebagai seorang pecundang â?¦ baik dalam percintaan sampai dalam kehidupan heroiknya.

Disana sosok Superman diceritakan telah dikhianati oleh kekasihnya, Lois Lane, yang menikah dan memiliki seorang anak dari editorialnya di Daily Planet setelah hampir 5 tahun Superman pergi meninggalkan bumi untuk mencari sisa-sisa peradaban planet Kryptonnya.

Ini mengingatkan saya sejenak pada seri Superman II, dimana Superman (diperankan oleh Christoper Reeve) rela menghancurkan semua kekuatan supernya hanya untuk menjadi manusia biasa demi rasa cintanya kepada Lois Lane. Atau dalam seri televisi Lois and Clark, sosok Superman (diperankan oleh Dean Caine) berhasil merebut kembali dan mengawini kekasihnya Lois Lane yang sempat jatuh dalam perangkap cinta Lex Luthor sampai akhirnya Superman gugur ditangan monster DoomsDay.

Namun, terlepas dari semuanya â?¦ Superman sekali lagi adalah tokoh fiktif yang mewakili mimpi-mimpi manusia untuk bisa terbang bebas menjelajah angkasa dengan segudang kesaktiannya.

Lalu seberapa fiktif juga akan keberadaan planet-planet lain diluar bumi ini yang kemungkinan memiliki nafas kehidupan sama seperti bumi sebagaimana yang kita lihat dalam film, novel maupun kartun Superman, Star Trex atau Babilon V ?


Berbicara mengenai kehidupan diluar bumi, kita akan menyinggung mengenai eksistensi makhluk luar angkasa yang akan membawa kita pada kontroversi berkepanjangan yang sampai hari ditulisnya catatan ini pun perdebatan dikalangan ilmuwan dan juga agamawan terus berlanjut. Tidak ada kata sepakat mengenainya.

Ada yang mengkaitkan mereka dengan makhluk jenis Jin, ada juga yang berpendapat bahwa mereka benar-benar ada dan berupa makhluk tersendiri terpisah dari jenis manusia dan jin, ada juga yang mengingkari keberadaannya dan menganggapnya sekedar berita bohong, isapan jempol dan imajinasi belaka.

Padahal seperti yang telah diungkapkan oleh Syaikh Muhammad al-Ghazali dalam bukunya (Syaikh Muhammad al-Ghazali, Studi Kritis Atas Hadis Nabi Saw, antara pemahaman tekstual dan kontekstual, dengan pengantar Dr. M. Quraish Shihab, terj. Muhammad al-Baqir, Penerbit Mizan, Bandung, 1993, hal. 126) , bahwa bumi yang kita diami ini tidaklah lebih dari sebutir debu dialam semesta yang amat besar dan megah dan penuh dengan kehidupan dan makhluk hidup. Kita akan menjadi orang dungu apabila mengira hanya kita sajalah makhluk hidup dalam wujud semesta yang maha luas ini. Allah telah menciptakan begitu banyak galaksi, mungkinkah hanya satu planet saja yang berisi kehidupan ?

Alam ini bagi al-Ghazali sudah penuh sesak dengan makhluk hidup yang diciptakan oleh Allah yang merujuk pada wujud-Nya dan bersaksi tentang kebesaran-Nya. Senada dengan pernyataan ini, penulis Indonesia kontroversial ditahun 80-an asal Sumatera Barat bernama Nazwar Syamsu berpendapat bahwa banyaknya laporan masyarakat bumi terhadap penampakan UFO atau piring terbang harus menjadi alasan positip yang mengkuatkan adanya kehidupan manusia bermasyarakat diplanet lain seperti halnya yang ada diplanet kita ini (Nazwar Syamsu, Tauhid & Logika, al-Quran tentang al-Insan, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta, 1983, hal. 73).

Cerita mengenai keberadaan dari piring terbang dan manusia-manusia dari luar angkasa sendiri sebenarnya sudah dikenal jauh sebelum teknologi modern manusia dicapai, misalnya dongeng-dongeng mengenai kerajaan Atlantis atau juga kisah mengenai kepahlawanan Hercules yang akhirnya kembali kelangit bersama ayahnya Zeus setelah menyelesaikan tugas dibumi tidak bisa dianggap hanya sekedar cerita pengantar tidur bangsa Yunani kuno bahkan cerita keperkasaan Gatot Kaca dalam wayang purwa yang memiliki baju terbang bernama Kotang Antakusuma dan helm Basunanda lengkap dengan sepatu pelindung â??pada kacarmaâ?? juga menjadi suatu teori tersendiri oleh sejumlah peneliti masalah piring terbang.

sumber : pulsk.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Alyanis Mufid SWM - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -