Popular Post

Posted by : Alyanis Mufid SWM November 09, 2015

   Nama   : Alyanis Mufid SWM

   Kelas   : XII Aksel 1 /02

   Mapel  : Bahasa Indonesia

 
 

Abstraksi Teks Hadiah Nobel

Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahun kepada ilmuwan yang telah melakukan penelitian yang luar biasa, penghargaan diberikan kepada orang yang menemukan teknik atau peralatan yang baru atau telah melakukan kontribusi luar biasa ke masyarakat.
Penghargaan Nobel pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia, dan seorang penemu dinamit.
Didalam wasiat tersebut Alfred Nobel menegaskan bahwa seluruh hartanya harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi orang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
Pro dan Kontra terhadap isi wasiat terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat.
Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang literature, fisika, kimia, obat – obatan, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm pada tahun 1901. Sejak tahun 1902, penghargaan ini secara formal dianugrahkan oleh Raja Swedia.
Penghargaan Nobel dianugrahkan setiap tahunnya pada tanggal 10 Desember, yaitu tanggal Alfred Nobel wafat.
Kategori penghargaan yang diberikan setiap tahun sejak 1901 untuk pencapaian dalam fisika ditentukan oleh Akademi ilmu pengetahuan Kerajaan Swedia, kimia ditentukan oleh Akademi ilmu pengetahuan Kerajaan Swedia, fisiologi atau kedokteran ditentukan oleh The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh The Swedish Academy, dan perdamaian ditentukan oleh sebuah komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau parlemen Norwegia.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Alyanis Mufid SWM - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -